Tempat Wisata Garut Jawa Barat

Minggu, 29 Desember 2013
IKLAN
Tempat Wisata Garut Jawa Barat Kabupaten Garut terletak di propinsi Jawa Barat. Kota Garut dikelilingi oleh lima gunung, tiga diantaranya merupakan gunung berapi aktif. Tempat wisata di Garut dilingkari oleh Gunung Guntur, Gunung Telaga Bodas, Gunung Galunggung, Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray.

Tempat wisata di Garut merupakan bagian dari tempat wisata di Jawa Barat yang indah dan mempesona. Beragam fasilitas pendukung telah dibangun pada tempat wisata di Garut untuk memanjakan pengunjung obyek wisata.

Potensi tempat wisata garut dibentuk oleh kondisi alam pegunungan vulkanis yang luas. Selain itu, kebudayaan masyarakat Sunda memberi ciri khas bagi daya tarik tempat wisata di Garut. Untuk mencapai tempat wisata di Garut, Anda bisa melalui kendaraan darat melalui jalur pantai selatan yang bergunung-gunung. Dari arah barat, kota Garut bisa ditempuh dari arah kota Bandung. Sementara dari arah timur, kota Garut dicapai dari wilayah kota Tasikmalaya.

Jalan jalan ke tempat wisata di Garut sangat menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga. Ada banyak tempat wisata garut yang harus Anda jelajahi keindahannya. Berikut ini rekomendasi saya tentang beberapa tempat wisata di Garut yang menarik untuk dikunjungi.
s
1. Taman Satwa Cikembulan: Tempat Wisata di Garut Untuk Pelestarian Hewan

Tempat wisata di Garut yang pertama kita bahas adalah Taman Satwa Cikembulan. Taman Satwa Cikembulan terletak di Kecamatan Kadungora. Obyek wisata di wilayah pelestarian alam Cangkuang ini menjadi tempat pelestarian binatang-binatang langka yang dilindungi oleh negara. Sebagai tempat wisata alam, Taman Satwa Cikembulan memiliki alam yang asri dan indah. Piknik keluarga di hari minggu sangat nyaman dilakukan di Taman Satwa Cikembulan.

2. Makam Ja’far Umar Sidiq: Tempat Wisata di Garut Untuk Agama Islam

Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan santai sekaligus berziarah ke makam tokoh bersejarah, tempat wisata di Garut adalah tempat yang lengkap. Anda bisa mengunjungi makam Ja’far Umar Sidiq yang berlokasi di kecamatan Leuwigoong dan merupakan peninggalan bersejarah bagi umat muslim. Tempat wisata di Garut ini termasuk dalam wilayah pengelolaan wisata Cangkuang. Makam Ja’far Umar Sidiq adalah bagian dari tour wisata religi yang ada di propinsi Jawa Barat.

3. Tradisi Kesenian Lomba Adu Domba di Garut

Adu domba yang ini benar-benar mengadu binatang domba, bukan adu domba antar golongan manusia atau sekelompok masyarakat. Tradisi lomba adu domba dilaksanakan di seluruh wilayah Garut dengan iringan musik tradisional. Kebiasaan ini mirip dengan tradisi Karapan Sapi di Pulau Madura. Pada waktu tertentu diadakan lomba adu domba yang menghadirkan kontestan para peternak domba dari Garut, Bandung, Tasikmalaya dan sekitarnya. Inilah event tahunan yang menjadi daya tarik tempat wisata di Garut.

4. Air Terjun Curug Orok: Tempat Wisata di Garut Yang Indah

Kota Garut juga memiliki potensi tempat wisata alam yang indah, yaitu curug (air terjun) Orok yang berada di wilayah Gunung Papandayan. Tempat wisata di Garut ini terdapat di kecamatan Cikajang dan menjadi tujuan wisata menarik di wilayah Garut. Curug Orok memiliki udara yang segar dan alami khas pegunungan. Berlibur ke Curug Orok bisa menenangkan pikiran dari aktifitas kerja sehari-hari. Di sekitar lokasi Curug Orok terdapat area perkemahan yang indah.

5. Pusat Penjualan Kerajinan Jaket Kulit Garut.

Saat menyebut nama kota Garut, maka ingatan kita akan tertuju pada kerajinan rakyat jaket kulit. Kota Garut adalah salah satu produsen jaket kulit dengan penampilan menarik dan kualitas terbaik di Indonesia. Produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh kabupaten Garut. Jaket kulit Garut telah dijual ke seluruh wilayah Indonesia dan diekspor ke sejumlah negara tetangga. Desain dan motif jaket kulit Garut sangat beragam dan mengikuti gaya modern.

6. Obyek Wisata Kawah Gunung Papandayan di Garut.

Tempat wisata di Garut yang indah juga bisa Anda temukan di kawah Gunung Papandayan. Gunung Papandayan adalah gunung berapi yang masih aktif dan menunjukkan aktifitas vulkanis seperti halnya Gunung Bromo di Jawa Timur. Kawah Gunung Papandayan adalah tempat wisata di Garut yang menyajikan pemandangan alam yang berupa kawah gunung aktif. Tempat wisata di Garut ini terdapat di kecamatan Cisurupan dan menjadi obyek wisata populer di Jawa Barat.

Selain nama-nama di atas, tempat wisata di Garut lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah air terjun Curug Cimandi Racun di Leles, Danau Situ Bagendit di Banyuresmi, keindahan panorama Gunung Guntur, Kampung Adat di Bayongbong, Pantai Sayang Heulang di Pameungpeuk dan lain-lain. Puluhan obyek wisata di Garut saat ini tengah gencar dipromosikan oleh Pemerintah Daerah melalui beragam media sebagai bagian dari program Visit Indonesia

Saat jalan-jalan ke tempat wisata di Garut jangan lupa mencicipi jajanan khas Garut, yaitu dodol Garut. Di seluruh pelosok kota Garut bisa kita jumpai kerajinan rakyat membuat makanan tradisional dodol. Tempat wisata di Garut telah dilengkapi pula dengan sarana transportasi yang lancar, jaringan komunikasi yang andal, pusat informasi dan penginapan berbiaya murah.

semoga bermanfaat informasi Tempat Wisata Garut Jawa Barat

3 Responses to “Tempat Wisata Garut Jawa Barat”

Urang garut mengatakan...

Ada tempat wisata garut terbaru loh... dah pernah berkunjung belum?

ani suryani mengatakan...

wisata garut memamg mempunyai keindahan yang pasntas kita kunjungi,hal ini karena wisata yang sudah populer ditunjang `denga akomodasi hotelnya lengkap
By admin Wisata pantai selatan

ani suryani mengatakan...

wisata garut memamg mempunyai keindahan yang pasntas kita kunjungi,hal ini karena wisata yang sudah populer ditunjang `denga akomodasi hotelnya lengkap
By admin Wisata pantai selatan

Posting Komentar